Pelatihan merancang & mengimplementasikan OBE

PRIORITIES merupakan akronim dari Program for Redesigning and Implementing Outcomes-based curriculum, Teaching-Learning Assessment and Evaluating Systematically. 

Melalui pelatihan PRIORITIES, para pimpinan program studi, penjamin mutu pendidikan, maupun para dosen yang bertugas mengembangkan kurikulum dan sistem pembelajaran akan dilatih selama 4 hari penuh oleh tim EduSquad untuk merancang sistem pendidikan berbasis Capaian Pembelajaran (Outcome-based Education, OBE) yang meliputi disain tujuan pendidikan dan capaian pembelajaran, disain alinyemen konstruktif capaian pembelajaran dalam struktur kurikulum, asesmen capaian pembelajaran, serta evaluasi dan manajemen perubahan (change management).

Mengapa Training ini penting, khususnya bagi prodi-prodi teknik?

Bidang keteknikan (engineering) memiliki kontribusi besar terhadap perkembangan dan pembangunan peradaban di Indonesia maupun di dunia. Kemajuan peradaban yang telah memasuki Era Industri 4.0 sekarang ini telah memunculkan berbagai tantangan dan perubahan pada berbagai bidang profesi, termasuk bidang keteknikan. Mobilitas insinyur di era global saat ini menjadi hal yang tidak terelakkan. Kesesuaian mutu lulusan pendidikan keteknikan dengan kompetensi fundamental yang dibutuhkan oleh dunia industri akan menjadi faktor penentu keberhasilan lulusan dalam persaingan dunia kerja.

Penerapan OBE oleh program studi keteknikan yang menginginkan rekognisi internasional bagi para lulusannya untuk nantinya dapat berkarir sebagai insinyur profesional tidak dapat ditawar-tawar lagi. The International Engineering Alliance (IEA) sebagai organisasi payung bagi 7 kesepakatan internasional yang mengatur kualifikasi pendidikan keteknikan (3 kesepakatan) dan kompetensi profesional insinyur (4 kesepakatan) mempersyaratkan program-program studi yang menghendaki untuk diakreditasi oleh lembaga-lembaga akreditasi penandatangan kesepakatan tersebut untuk terlebih dahulu menerapkan OBE sebagai sistem pembelajarannya.

Capaian Pembelajaran Training

Capaian pembelajaran yang diharapkan dikuasai oleh para peserta setelah selesai mengikuti training ini adalah sebagai berikut.

  1. Mampu menjelaskan secara tepat dan mendalam tentang konsep sistem Outcome-based Education (sistem pendidikan berbasis Capaian Pembelajaran).
  2. Mampu memformulasikan Profil Profesional Mandiri (PPM) lulusan sebagai tujuan pendidikan program studi serta merancang Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang terstandar, teramati, dan terukur.
  3. Mampu melakukan disain ulang kurikulum untuk memastikan ketercapaian CPL melalui serangkaian pengalaman pembelajaran, menyusun rencana pembelajaran semester (RPS), serta merancang asesmen sesuai dengan capaian pembelajaran yang telah ditetapkan.
  4. Mampu merancang sistem manajemen perubahan dan sistem penjaminan mutu yang memastikan OBE dapat diimplementasikan secara efektif, sistematik, dan berkelanjutan pada lingkup program studi, departemen, atau fakultas.
  5. Memahami langkah-langkah persiapan menuju akreditasi/sertifikasi bertaraf internasional bagi program studi berbasis capaian pembelajaran, baik untuk bidang keteknikan ataupun lainnya.

Materi Training

HariMateri Pelatihan
IKonsep Outcome-based Education (OBE)
Konsep dan formulasi profil profesional mandiri lulusan sebagai tujuan pendidikan
Konsep dan formulasi Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
Konsep dan formulasi Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
IIKonsep Kurikulum berbasis Capaian Pembelajaran
Disain peta kurikulum (constructive alignment)
Dokumen perencanaan perkuliahan (Rencana Pembelajaran Semester)
Konsep Asesmen berbasis Capaian Pembelajaran dan Asesmen Mata Kuliah
IIILatihan mendesain Asesmen Mata Kuliah
Asesmen Program Studi
Latihan Asesmen Program Studi
Konsep pembelajaran berbasis Capaian Pembelajaran
IVLatihan metode pembelajaran
Manajemen Perubahan
Dokumentasi dan Peningkatan Mutu
Rencana Tindak Lanjut

Moda Penyelenggaraan & Biaya Training

PRIORITIES Training diselenggarakan dengan jadwal tahunan reguler mulai tahun 2019 di 3 kota di Indonesia: Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya. Training reguler akan diselenggarakan jika memenuhi jumlah minimal peserta, yaitu sebanyak 15 orang. Tiap peserta dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp. 7.000.000,00 (tujuh juta rupiah) tidak termasuk biaya akomodasi maupun transportasi peserta.

EduSquad juga melayani permintaan in-house training di lingkungan kampus atau lokasi yang diinginkan oleh institusi pengundang sesuai dengan jadwal yang disepakati bersama, dengan memperhatikan ketersediaan trainer. In-house training PRIORITIES dapat diselenggarakan untuk maksimal 30 orang peserta. Biaya penyelenggaraan in-house sebesar Rp. 65.000.000,00 (enam puluh lima juta rupiah), belum termasuk biaya akomodasi dan transportasi 3 orang trainer (ditanggung institusi pengundang).

Lihat jadwal reguler training tahun 2019 atau ajukan permintaan in-house training melalui tautan berikut. Unduh brosur PRIORITIES training untuk mendapatkan informasi selengkapnya.